10 APLIKASI BELAJAR KIMIA DI ANDROID

10 Aplikasi Belajar Kimia di Android

 

Salah satu sistem operasi untuk mobile device yang saat ini sedang trend adalah AndroidOS. Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. Android pada dasarnya merupakan turunan dari sistem operasi Linux, namun Android 100% GUI tidak seperti Linux umumnya. Android core libraries ditulis dalam bahasa C, C++ dan java, sedangkan android platform ditulis dalam bahasa java. Android menggunakan mesin virtual Dalvik. Dan android menyediakan se-set API dalam bahasa Java untuk para pengembang/developers.

Saat ini telah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android, baik desktop based maupun web based. IDE (integrated development environment) yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi android antara lain Eclipse dan Android Studio. Sedangkan aplikasi web based yang banyak digunakan antara lain MIT AppInventor dan AppsGeyser. Disamping itu, banyak software center yang menyediakan berbagai macam aplikasi android seperti Google Play Store, dll. Oleh karena itu banyak aplikasi untuk android, termasuk aplikasi kimia.

aplikasi kimia android

Berikut ini adalah 10 aplikasi belajar kimia di android.

1. Complete Chemistry

complete chemistry   complete chemistry1

Aplikasi ini merupakan aplikasi kimia yang kompleks. Dalam aplikasi ini ada beberapa fitur, antara lain :

a. Chemistry Tutorial

Pada fitur ini tersedia banyak materi terkait kimia. Materi-materi tersebut antara lain terkait struktur atom, keperiodikan unsur-unsur, ikatan kimia, stoikiometri, fase materi, energi dan perubahan energi, asam basa & garam, kelarutan, laju reaksi dan kesetimbangan, reaksi redox, senyawa karbon, kimia lingkungan, non logam, logam dan senyawanya serta kimia organik.

b. Chemistry Formulas

Pada fitur ini tersedia banyak rumus-rumus yang digunakan dalam perhitungan kimia. Yang tercakup dalam aplikasi ini ini antara lain konstanta kimia, struktur atom, hukum gas, kesetimbangan, termodinamika, elektrokimia, ion poliatomik, simbol dalam kimia inti, deret alkana dan rumus gugus fungsional.

c. Chemistry Practicals

Pada fitur ini tersedia praktik-praktik dalam kimia. Yang tercakup dalam aplikasi ini antara lain hukum gas, kalor jenis, aturan kelarutan, massa atom unsur-unsur, perhitungan massa molar, perhitungan massa molar dalam larutan, perhitungan konsentrasi, dan juga terdapat periodik table.

d. Chemistry Question

Pada fitur ini tersedia banyak pertanyaan beserta penjelasan dan penyelesaiannya.

e. Chemistry Dictionary

Pada fitur ini tersedia kamus istilah untuk kimia. Disini terdapat sekitar 240 kata dalam kimia.

f. Chemistry Quiz

Pada fitur ini tersedia quiz sebanyak 20 pertanyaan, setelah semua pertanyaan dijawab akan ditampilkan jawaban kita yang benar dan yang salah.

g. Chemistry Note

Pada fitur ini kita dapat menyimpan catatan.

h. Chem Calculator & Graph

Pada fitur ini tersedia kalkulator saintifik dan grafik persamaan.

 

2. Belajar Rumus Kimia

belajar kimia

Pada aplikasi ini, kita akan dituntun bermain sambil belajar dalam mengenal lebih dalam rumus kimia. Ada beberapa metode kuis dalam aplikasi ini yang dirancang untuk mempermudah sarana belajar kita. Dengan tampilan yang menarik dan penggunaan yang mudah anda seperti bermain kuis. Tugas kita adalah menyusun kata atau rumus kimia yang ditampilkan untuk kita perbaiki menjadi satu kesatuan yang baik dan benar. Dan kita juga ditantang untuk menyelesaikan tugas mengisi nama nama kimia pada kata yang ditampilkan pada layar.

 

3. Rumus KimiaKu (SMA/SMU)

rumus kimiaku

Rumus KimiaKu adalah Aplikasi tentang kumpulan rumus Kimia untuk sekolah menengah keatas. Aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang mata pelajaran Kimia. Berisikan tentang rumus kimia mulai dari BAB 1 sampai BAB 16

Bab 1 Materi

Bab 2 Atom dan Struktur Atom

Bab 3 Sistem Unsur Periodik

Bab 4 Ikatan dan Senyawa Kimia

Bab 5 Stoikiometri

Bab 6 Laju Reaksi

Bab 7 Termokimia

Bab 8 Kesetimbangan Kimia

Bab 9 Teori Asam Basa dan Konsentrasi Larutan

Bab 10 Kelarutan dan Hasil Kelarutan

Bab 11 Sifat Koligatif Larutan

Bab 12 Sistem Koloid

Bab 13 Reduksi Oksidasi dan Elektrokimia

Bab 14 Kimia Organik

Bab 15 Kimia Unsur

Bab 16 Kimia Lingkungan

Dengan dilengkapi tombol pencarian akan semakin memudahkan siswa dalam proses belajar.

 

4. Pintar Kimia (Smart Chemistry)

pintar kimia

Aplikasi Pintar Kimia (Dual Language Version : Bahasa Indonesia dan English) adalah Kumpulan Soal dan Penyelesaian Kimia, berisi sejumlah soal disertai dengan jawaban. Tidak hanya jawaban, tetapi juga disertai dengan penjelasan lengkap mengenai Teori dan Rumus yang mendukung jawaban serta dengan gambar-gambar yang diperlukan sehingga mudah dipahami oleh para siswa dan guru, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas.

Aplikasi ini dibuat dalam versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk mengubah bahasa cukup dengan long tap pada layar pertama aplikasi, atau tap pada tombol menu.

 

5. Titrasi Asam Basa

titrasi asam basa

Aplikasi ini merupakan simulasi untuk memahami cara kerja dan langkah-langkah dalam melakukan titrasi (dalam hal ini titrasi asam basa). Sangat cocok untuk pelajar kimia karena aplikasi ini mudah digunakan dengan desain yang user friendly. Cara kerja aplikasi yaitu user menginput sampel yang akan dititrasi (saat ini baru 1 sampel) beberapa ml kemudian diencerkan sampai 1000 ml dengan akuades, dan terakhir ambil sampel yang sudah diencerkan tersebut ke dalam erlenmeyer. Terakhir lakukan titrasi.

Update terbaru dengan penambahan menu unsur kimia beserta keterangan nya berdasarkan pada nomor atom tabel periodik.

 

6. Ilmu Kimia Untuk Anak-Anak

ilmu kimia untuk anak

Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang paling sulit untuk sekolah akan anak-anak. Tapi sekarang tidak lagi, karena Gameiva telah membawa permainan ilmu pendidikan luar biasa untuk anak-anak yang menampilkan semua dasar-dasar fundamental kimia dengan banyak percobaan yang mencakup banyak kesimpulan dan ilmu pengetahuan di balik berbagai teori kimia. Lengkapi semua tingkat sesuai instruksi dan belajar banyak dari eksperimen kimia tanpa menjejalkan dari buku.

Fitur:

a. Menyelesaikan setiap tingkat untuk membuka tingkat berikutnya percobaan sains.

b. Banyak aparat ilmiah yang berbeda yang akan ditampilkan dengan daftar di awal permainan.

c. Tujuannya akan ditampilkan sebelum awal permainan sehingga Anda dapat memahami apa percobaan sekitar.

d. Kesimpulan pada akhir setiap permainan akan membantu Anda memahami motif percobaan.

e. Sangat sederhana dan menyenangkan untuk melakukan dengan banyak animasi grafis tinggi.

f. Peringatan: panduan orangtua diperlukan adalah anak-anak yang melakukan percobaan secara real.

 

7. Kamus Kimia

kamus kimia

Kamus Kimia merupakan aplikasi mobile yang berisi kumpulan istilah Kimia yang dilengkapi dengan penjelasannya. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pelajar/kimiawan untuk memudahkan dalam memahami istilah-istilah Kimia.

Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini:

a. Terdapat data lebih dari 600 record

b. Fasilitas share konten

c. Resizing Text

d. Daftar favorit

 

8. Latihan Kimia

latihan kimia

Aplikasi ini adalah aplikasi berbasis android untuk Latihan Kimia, UN kimia, sbmptn kimia, dan olimpiade kimia.

 

9. Unsur Kimia

unsur kimia

Aplikasi ini memiliki lampiran berisi deskripsi dari unsur kimia. Aplikasi ini juga memiliki system pencarian mudah.

Rilis terbaru aplikasi ini ditambahkan fungsi untuk mengurangi dan meningkatkan ukuran font. Menyentuh permukaan dengan dua jari dan membawa mereka lebih dekat bersama-sama atau memindahkan mereka terpisah.

Ditambahkan fungsi daun melalui. Pindahkan ujung jari di atas permukaan di sebelah kiri atau kanan tanpa kehilangan kontak.

 

10. Chemik

chemik

Chemik akan memecahkan tugas kimia Anda:

a. Menyeimbangkan reaksi kimia

b. Hitung berat molekul

c. Tampilkan rumus struktur

d. Pelajari Tabel Periodik, membuat senyawa dan memprediksi reaksi otomatis

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *